Loading...

Thursday 7 September 2017

Panduan Cara Mengunakan Gmail - Mengirim Dan Membalas Email di Gmail Via Desktop

Panduan Mengunakan Gmail. Sebelumnya MazzTutor telah menjelaskan tentang Panduan cara praktis membuat account gmail dengan mudah. Kali ini MazzTutor akan memberi panduan praktis mengunakan layanan email di akun gmail ini, dan menjelaskan fitur menu apa saja yang ada di gmail tersebut.

Kirim Email dan Membalas Email Serta Chat Hangout Via Desktop

1. Menu Inbox atau Kotak Masuk

Untuk melihat ada email yang masuk, Anda bisa melihatnya di menu “Inbox”. Terdapat 3 tab pilihan, yaitu Primary, Social, dan Promotion.

Menu Inbox atau Kotak Masuk

Primary – Jika ada seseorang yang mengirim email kepada Anda, Email yang masuk tersebut akan masuk didalam menu tab primary ini

Social – kebanyakan yang masuk menu tab Social adalah email yang bersangkutan dengan sosial, seperti media sosial twitter, facebook dan lain sebagainya.

Promotion – Email yang masuk kedalam menu tab promotion biasanya berisi ajakan atau promosi suatu produk.

2. Compose atau Mengirim Email

Untuk mengirim sebuah email ke seseorang, Anda cukup tekan “Compose”, maka akan keluar jendela bari di pojok kiri bawah.
Compose atau Mengirim Email

Pada kolom “To” Anda bisa mengisikan alamat email tujuan, Anda juga bisa mengirim ke banyak orang dengan memilih “CC,BCC” yang ada di kanan kolom tersebut.

Pada kolom “Subject” digunakan untuk menjelaskan judul secara ringkas isi dari email yang Anda kirimkan. Dan kolom terakhir merupakan isi dari email yang Anda buat. Anda bisa menambahkan lampiran file atau image dari komputer maupun dari google drive akun gmail Anda.

Untuk mengecek email sudah terkirim atau belum, Anda bisa mengeceknya di menu “Sent Mail”. Jika pesan email yang Anda buat sudah berada di menu tersebut, maka email yang Anda kirim sudah masuk dan terkirim ke alamat email tujuan.

3. Chat Hangout Di Akun Gmail Desktop

Anda juga bisa mengirim pesan singkat seperti chat di Whatsapp maupun masengger di Facebook. Kalau di Gmail, masenggernya dinamakan “Hangout”. Anda bisa chattingan sesama pengguna gmail dengan aplikasi hangout yang ada di gadget.

Untuk memulai sebuah chat hangout di desktop, Anda bisa pilih tombol (+) dan memilih akan chat dengan siapa yang terdaftar di kontak tersebut. Anda juga bisa memasukkan email baru jika Anda belum pernah chat dengan yang bersangkutan sama sekali.

Chat Hangout Di Akun Gmail Desktop


Bagimana? Sudah terbantu dengan penjelasan tentang cara mengunakan gmail dengan mengirim atau membalas email di gmail via desktop. Semoga penjelasan kali ini bisa dipahami oleh Anda yang baru memulai kirim email dengan Gmail. Jika ada pertanyaan, Anda bisa bertanya lewat kolom komentar dibawah, Terima kasih. [MT]

Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 

Blog Tutorial Masa Kini Copyright © 2013 Minima Template
Designed by BTDesigner · Powered by Blogger