Loading...

Saturday 9 September 2017

Panduan Praktis Cara Membuat Postingan Artikel Di Blogger

Membuat Post Di Blogger – Di artikel sebelumnya, MazzTutor sudah membuat artikel tentang Panduan praktis membuat blog di Blogger.com. Setelah mempunyai blog, tentu Anda akan mencari cara bagaimana mengisi blog tersebut bukan?.

Untuk membuat postingan di blogger, langkahnya cukup mudah. Berikut step by step panduan praktis membuat postingan artikel di blogger/blogspot.

1. Anda harus login terlebih dahulu ke account blogger Anda. Pada Dasboard, pilih “New post/Entri Baru” untuk memulai membuat postingan baru di blogspot.


membuat postingan artikel di blogger


2. Anda bisa langsung menuliskan isi artikel yang ingin Anda buat di canvas bervarna putih tersebut. Untuk menu-menunya akan MazzTutor jelaskan lebih terperinci.

membuat postingan artikel di blogger


Post Title : Isikan judul artikel yang Anda buat di kolom ini

Mode “Compose dan HTML” : Pada tab compose, Anda bisa mengisi artikel dengan standart penulisan, sedangkan mode “HTML” biasanya digunakan untuk menambahkan kode script entah untuk menambahkan tautan maupun menambahkan embed instagram maupun youtube.

Anda juga bisa mengubah font tulisan dengan menekan tombol menu “F”, tapi terlebih dahulu Anda harus memblok kalimat atau karakter yang ingin Anda rubah font tulisannya. Menu “TT” digunakan untuk membuat kalimat yang anda tulis jadi lebih besar atau lebih kecil. Sedangkan menu dropdown “normal” menjadikan tulisan anda standart, anda juga bisa membuat heading (H1) atau sub-heading (H2) dari menu ini.

Pada menu diatas, Anda bisa mengubah karakter menjadi Bold, Italic, Underline atau Strikethrough. Anda juga bisa menganti warna tulisan dan backgroud tulisan dengan menu “A” dan “menu sebelahnya”.

Menu “Link” digunakan untuk membuat internal link atau kalimat yang anda buat menjadi bertautan ke sebuah link yang Anda inginkan. Anda juga bisa menambahkan sebuah gambar, vidio dan emoticon di blogger.

Membuat tulisan menjadi rata kiri maupun berada ditengah selayak di microsoft word juga bisa. Juga tersedia menu untuk menambahkan numbering dan qoute di blogger.

3. Setelah menuliskan isi artikel, jangan terburu-buru di publish. Aturlah terlebih dahulu kategori apa artikel yang Anda buat ini. Caranya dengan sorot kesebelah kanan, adaterdapat menu “Setelan Entri”. Anda bisa mengatur beberapa hal.

Label : Kolom label ini digunakan untuk mengkategorikan artikel yang Anda buat. Seperti gambar diatas, MazzTutor mengkategorikan artikel tersebut ke label “Blogger”. 

membuat postingan artikel di blogger


Scedhule : Anda bisa mengatur kapan artikel ini diterbitkan, jika menu ini tidak disetting, ketika Anda mempublish artikel ini, maka secara otomatis artikel ini akan terbit di jam saat itu juga. Anda bisa mengatur artikel ini terbit besoknya atau hari lainnya.

membuat postingan artikel di blogger

Permalink : Anda bisa mengatur url artikel yang Anda buat secara manual. Dalam SEO, pengaturan permalink ini perlu, sebab jika dibiarkan otomatis apabila judul artikel yang Anda buat panjang, maka keyword pada Url tidak mengena pada Url.

membuat postingan artikel di blogger

Untuk Location dan Option mungkin Anda bisa abaikan pilihan ini

4. Setelah semua itu selesai, Anda bisa melihat terlebih dahulu artikel yang Anda buat dengan memilih “Pratinjau/Priview”. Jika sudah fix, Anda bisa mempublish artikel tersebut dengan menekan tombol “Publish/Terbitkan”.

membuat postingan artikel di blogger

Akhirnya postingan pertama Anda sudah terbit di beranda blog Anda.

Yah begitulah Panduan praktis membuat postingan di blogger. Jika ada pertanyaan dan saran untuk artikel ini, Anda bisa menuliskan di kolom komentar. [MT]

Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 

Blog Tutorial Masa Kini Copyright © 2013 Minima Template
Designed by BTDesigner · Powered by Blogger