Loading...

Friday 8 September 2017

Panduan Praktis Cara Membuat Blog Gratis Di Blogger.com Dengan Sangat Mudah

Platform blogger.com memang sangat diminiati oleh kebanyakan pengguna blog, selain tampilannya menarik, juga pengguna bisa diberi leluasa mengexplore kode html untuk mempercantik tampilan blog maupun mempercepat kinerja blog dengan menghilangkan fitur-fitur yang tidak dibutuhkan.

Selain itu juga, di blogger.com memberi kesempatan bagi penggunanya untuk bisa memonetize blognya agar bisa menghasilkan uang dari Adsense.

Cara membuat blog gratisan di blogger ini cukup mudah, berikut langkah-langkah panduan praktis cara membuat blog gratis di blogger.com

1. Login gmail. Yang paling penting adalah Anda harus mempunyai account gmail terlebih dahulu. Jika Anda belum mempunyai gmail, Anda bisa mendaftar account gmail terlebih dahulu. Caranya cukup mudah, anda bisa membaca panduan mendaftar gmail dengan mudah.

2. Kunjungi blogger.com

Setelah mendaftar gmail, dan login ke account gmail tersebut. Kunjungi situs blogger.com dan pilih pilihan “CREATE YOUR BLOG” untuk memulai blog yang baru. Sedangkan pilihan “sign in” di pojok kanan atas merupakan pilihan untuk login ke blogger.com kalau Anda sudah mempunyai blog disana.


Untuk melanjutkan, Anda akan dimintai memasukkan kata sandi gmail Anda untuk menverifikasi bahwa ini memang benar Account gmail Anda. Masukkan kata sandi anda, dan tekan enter atau tombol “Berikutnya” untuk melanjutkan.

3. Kemudian Anda akan dihadapkan sebuah pilihan profile mana yang akan ditampilkan sebagai Author di blog Anda. Ada dua pilihan, profile google+ atau mode pengguna terbatas. 


Anda juga bisa memilih bahasa yang digunakan di blog Anda dengan memilih menu scroll di pojok kanan. Mungkin dengan mengunakan bahasa Indonesia bisa memudahkan Anda untuk mengakses dasboard account blog Anda. Pilih “Continue to Blogger” untuk melanjutkan


4. Pada tampilan Blogger welcome, pilih pilihan “NEW BLOG” untuk membuat blog baru Anda.


Setelah itu Anda harus mengisi Judul blog di kolom “Title” dan alamat blog Anda di kolom “Address”. Pastikan alamat blog anda unik dan belum dipakai oleh pengguna lain. Akan ada tanda centang hijau jika alamat blog yang Anda masukkan belum dipakai oleh pengguna lain.


Anda juga diwajibkan untuk memilih Theme, dan anda bisa mengantinya nanti dengan mencari dan memilah theme yang tersedia di blogger.com atau mengunggah theme yang disediakan oleh penyedia theme gratis untuk blog Anda.

5. Anda sudah mempunyai blog di blogger.com dan beginilah tampilan menu Dashboard blog Anda


Terdapat beberapa menu di blogger, diantaranya.

Posts : Anda bisa melihat post atau artikel yang sudah anda buat disana, Anda juga bisa membuat artikel baru dengan memilih “New Post”

Stats : Menu ini untuk melihat data statistik blog Anda, dari melihat kunjungan yang mampir ke blog tiap harinya, tiap minggunya bahkan tiap bulan dan tahun.

Comment : Jika artikel Anda ada yang tertarik dan berkomentar disalah satu artikel, Anda bisa melihatnya dari menu comment ini.

Earnings : Anda bisa memonetize blog anda dengan mengaktifkan fitur ini, tentu dengan Anda terlebih dahulu terdaftar di google adsense, baru bisa memasang iklan Adsense dan menghasilkan recehan dari mitra pemasangan iklan tersebut.

Pages : Menu ini digunakan untuk membuat suatu halaman di blog. Biasanya halaman ini seperti halaman daftar isi, informasi kontak, informasi data diri dan sebagainya.

Layout : Anda bisa mengatur halaman atau letak widget dari menu ini, caranya cukup mudah, tinggal add widget pada settingan sidebar yang sudah disediakan. Dan setiap theme mempunyai letak yang berbeda-beda. Anda juga bisa mengatur Header-banner dari sini maupun favicon juga.

Setting : Anda bisa mengatur dari menu ini, Anda bisa mengatur tentang post, coment, bahasa, dan settingan lainnya sesuai kesukaan Anda.
Baca juga : Panduan praktis membuat blog gratis di Wordpress.com

Begitulah Panduan Praktis Cara Membuat Blog Gratis Di Blogger.com yang bisa MazzTutor sajikan untuk Anda, kiranya bisa menjadi bahan rujukan pemahaman bagi Anda untuk bisa membuat blog di blogger.com dengan mudah. [MT]

Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 

Blog Tutorial Masa Kini Copyright © 2013 Minima Template
Designed by BTDesigner · Powered by Blogger