Loading...

Friday 8 September 2017

Panduan Praktis Cara Membuat Blog Gratis Di Wordpress.com Dengan Sangat Mudah

Membuat Blog Gratis Wordpress. Di artikel sebelumnya, MazzTutor menjelaskan tentang cara mudah membuat blog gratisan di blogger.com. Platform Wordpress juga merupakan platform yang sangat diminati dan digemari pengguna blog sama seperti di Blogger.com.

Kebanyakan pengguna blog Wordpress mengatakan platform Wordpress lebih mudah cara mengunakannya dibanding platform blogger.com, selain tidak perlu susah-susah editing HTML karena memang user tidak diizinkan untuk merubah settingan Theme.

Untuk memulai membuat blog di Wordpress, caranya cukup mudah, berikut langkah-langkah Panduan praktis cara membuat blog gratis di Wordpress

1. Kunjungi wordpress.com, Di home page wordpress, Anda bisa mulai membuat blog dengan memilih “Getting startted” di pojok kanan atas.



2. Setelah itu Anda bisa memilih tema blog seperti apa yang ingin Anda buat. Ada spritual, personal, education, travel dan sebagainya. Pilih salah satu dari tema tersebut.


3. Selanjutnya Anda akan disuruh memilih antara sebuah blog “Start with a blog” atau website”Start with a website”. Memulai sebuah blog berarti kita membuat sebuah blog gratisan, sedangkan website lebih mengarah ke blog atau web untuk bisnis yang profesional.


Pilih “Start with a blog” untuk melanjutkan membuat blog gratisan di Wordpress

4. Anda juga bisa memilih Theme langsung dengan memilih salah satu yang tersedia, atau anda bisa skip terlebih dahulu dengan menekan tombol “Skip for now” yang berada di bawah Theme standart tersebut.


5. Step selanjutnya, Anda akan menentukan alamat url blog anda seperti apa. Ketikkan saja di kolom pencarian itu dengan mengetikkan kata kunci url yang Anda inginkan.


Akan ada beberapa pilihan setelah Anda mengetikkan kata kunci url itu, Anda bisa memilih paket free (sub domain) dengan memilih url yang belakangnya memakai kata “wordpress.com”. sedangkan paket lainnya merupakan paket premium (domain sendiri) atau berbayar. Pilih url tersebut untuk melanjutkan.

6. Kembali Anda akan dihadapkan pilihan tentang memakai layanan wordpress gratis selamanya atau memakai layanan wordpress profesional dengan memakai domain sendiri yang ada sewa per tahunnya. Pilih “Start with free” untuk melanjutkan ke step berikutnya.


7. Masukkan data email dan username untuk membuat account di Wordpress.com, jika Anda belum punya email, Anda bisa memulai untuk membuat email terlebih dahulu. Anda bisa memakai email gmail yang mempunyai banyak kelebihan dibanding email lainnya. Untuk membuat email gmail anda bisa membaca panduan membuat account gmail dengan praktis dan mudah.

Setelah memasukkan email, username dan pasword, pilih continue untuk membuat sebuah account baru di wordpress.com


Dan selamat, Anda sudah berhasil membuat account dan blog baru di Wordpress.com


8. langkah terakhir, Anda cek email yang telah didaftarkan tadi. Akan terdapat email baru dari Wordpress tentang pengaktifan blog dan account yang baru saja Anda buat. 


Buka pesan email itu, dan pilih “Confirm Now” untuk mengaktifkan blog Anda di Wordpress.com. Blog Anda sudah siap untuk di isi ide menarik dari Anda.


Begitulah Panduan Praktis Cara Membuat Blog Gratis Di Wordpress.com yang bisa MazzTutor sajikan untuk Anda, kiranya bisa menjadi bahan rujukan pemahaman bagi Anda untuk bisa membuat blog baru di Wordpress.com dengan mudah. [MT]

Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 

Blog Tutorial Masa Kini Copyright © 2013 Minima Template
Designed by BTDesigner · Powered by Blogger