Loading...

Monday 11 September 2017

Panduan Praktis Cara Membuat Postingan Artikel Di Wordpress

Membuat Postingan Di Wordpress – Sebelumnya MazzTutor sudah menjelaskan tentang Panduan praktis membuat blog di Wordpress. Setelah mempunyai blog di Wordpress, untuk mendapatkan pengunjung ke Blog, maka Anda harus memulai untuk membuat sebuah konten atau artikel di blog Wordpress Anda.

Post pada umumnya berupa artikel ataupun tulisan, tapi Anda juga bisa memasukkan gambar, video maupun link kedalam blog Anda biar terlihat beragam dan menarik.

Berikut step by step Panduan membuat postingan artikel di Wordpress.

Login terlebih dahulu di Dasboard wordpress, pilih menu Posts => Add New. Maka akan tampil tampilan seperti dibawah ini.

Fungsi Toolbar Wordpress



Anda bisa membuat artikel Anda lebih beragam dengan memanfaatkan Toolbar di Wordpress, Anda bisa mengatur format tulisan yang Anda buat dengan mencetak karakter tebal, miring atau garis bawah. Anda juga bisa mengatur agar tulisan menajdi rata kiri atau kanan atau berada di tengah.

Anda juga bisa mengunggah gambar dan video ke tulisan, juga bisa menampilkan video youtube maupun postingan dari twitter dan Instagram.

Menu Tollbar Disamping Kanan

Pada menu Kategori, berfungsi untuk memisahkan dan mengelompokkan artikel yang Anda buat sesuai kategori. 



Begitupun tentang “Tags” juga berfungsi sama dengan kategori pada umumnya, tapi untuk Tags sendiri lebih ke global deskripsi. Misalnya kategorinya Teknologi, tagnya bisa tentang teknologi gadget, teknologi handphone dan sebagainya.


Fitur Visual dan Text

Disaat Anda berada di Fitur Visual, tollbar diatas akan muncul, tapi disaat Anda memilih fitur Text, maka toolbarnya akan berubah menjadi seperti gambar dibawah ini.

Sama halnya fitur “HTML” di blogger, fitur Text mengunakan kode html dalam penulisannya, Jika Anda tidak paham html, lebih baik gunakan editor visual saja, lebih sederhana dan praktis.


Mempublish Artikel

Lihat Gambar di atas, Tombol Save Draft digunakan kalau anda ingin menyimpan post anda tanpa menerbitkan. Tombol Preview digunakan untuk melihat seperti apa hasilnya tanpa menerbitkan.



Status: mengembalikan post yang sudah diterbitkan menjadi draft, jadi jika Anda tidak sengaja terlanjur mempublish artikel sementara artikel belum siap dipublis, Anda tidak perlu menghapusnya terlebih dahulu, tapi gunakan tombol ini untuk merubah status publish menjadi ke draft lagi.

Visibility: Pilihan ini digunakan untuk mengubah apakah post bisa dilihat secara umum, tertutup password, atau tidak bisa dilihat oleh siapapun kecuali Anda sendiri

Publish: Anda bisa mengatur jadwal penerbitan post, di publish langsung atau dijadwalkan sesuai keinginan Anda.

Publicize : Fitur ini digunakan untuk menshare artikel secara otomatis ke media social Anda. Tapi terlebih dahulu anda harus menghubungkan media social Anda dengan blog Anda terlebih dahulu.

Dengan menekan tombol PUBLISH, berarti postingan pertama Anda sudah berada di beranda blog wordpress Anda.

Semoga Panduan praktis cara membuat postingan di Wordpress ini bisa bermanfaat bagi para pembaca.

Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 

Blog Tutorial Masa Kini Copyright © 2013 Minima Template
Designed by BTDesigner · Powered by Blogger