Loading...

Saturday 7 October 2017

8 Tips Cara Efektif Mengatasi Writer's Block Bagi Blogger Pemula

Cara Efektif Mengatasi Writer's Block - Pernah dengar tentang Writer’s Block? Writer’s Block adalah sebuah kondisi di mana kita mengalami kebuntuan dalam menulis dan kita tidak tahu lagi apa yang harus kita tuliskan karena kita merasa bahwa ide di kepala sudah habis.

Biasanya Writer’s Block ini dikenal dikalangan penulis buku atau novel, tapi penulis blog juga tidak menampik pernah merasakan hal serupa. Bagi penulis blogger pemula, writer’s block dapat menjadi kendala besar, karena writer's block ini bisa membuat pemula merasa tidak mempunyai bakat hingga akhirnya berhenti menulis di blog. Mungkin karena alasan ini banyak blog di internet yang kehilangan penulisnya lantaran sudah tak pernah di update isi blognya.

Berbeda dengan penulis profesional yang sudah punya jam terbang tinggi, mereka dapat mengidentifikasi penyebab terjadinya writer block dan mencari solusi yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut.


8 Tips Cara Efektif Mengatasi Writer's Block Bagi Blogger Pemula

Lalu, bagaimana cara mengatasi writer’s block tersebut?

Berikut ini MazzTutor jelaskan cara efektif mengatasi writer’s block dalam menulis di blog.

8 Cara Efektif untuk Mengatasi Writer’s Block

1. Temukan Alasan Kenapa Bisa Terjadi Writer Block


Alasan pertama kenapa terjadi writer’s block adalah tentang kemalasan Anda sendiri. Malas ini bisa disebabkan oleh banyak hal, bisa jadi dari sedikitnya pengunjung yang mengunjungi blog Anda membuat Anda mulai merasa bosan karena tidak ada tanggapan yang masuk pada artikel Anda. Anda mulai berfikir kalau apa yang Anda tulis ini tidak menarik.

Buang jauh-jauh pikiran negatif seperti itu. Memang tidak mudah untuk membuat trafick blog stabil, selain masih baru, konten yang Anda sajikan mungkin masih belum mencakup jumlah audience yang banyak. Teruslah menulis, siapa tahu salah satu keyword dari konten yang Anda muat di Blog menjadi viral dan menjadikan Blog Anda dikunjungi banyak orang.

Alasan kedua adalah tentang mood menulis Anda. Terkadang masalah pribadi membuat Anda mulai tidak bersemangat untuk menulis. Tidak hanya tentang menulis, bahkan Anda mulai tidak mood untuk melakukan hal apapun. Mood sangat diperlukan untuk bisa melakukan suatu pekerjaan dengan baik, karena Mood membuat Anda senang untuk melakukan pekerjaan tersebut.

Alasan ketiga karena susahnya menemukan ide artikel. Alasan ini sangat masuk akal, dan banyak blogger pemula mengalami hal ini. Karena sebaik apapun Anda dalam hal menulis, jika ide artikel belum ada yang terbayang dibenak, akan sulit sekali menuliskan beberapa kata. Jadi Anda perlu banyak referensi untuk bisa memikirkan ide-ide cemerlang untuk artikel baru Anda.
Baca 7 Situs Penyedia Blog Gratis Terbaik 2017 Versi Mazz Tutor

2. Susun Rencana Untuk Mulai Menulis Artikel Blog Kembali

Susun kembali rencana Anda dalam memulai kembali menulis di blog, selama kurun waktu lama vakum menulis, Anda harus punya rencana bagaimana agar tidak terjadi writer block kembali.

Cara pertama bisa dimulai dengan mencari waktu yang tepat untuk menulis. Menulis di waktu yang tidak tepat bisa membuat Anda tidak bisa berkosentrasi dalam menulis. Terutama saat Anda mencoba menulis di jam-jam padat aktivitas harian, mungkin karena alasan tersebut Anda mengalami Writer block.

Carilah waktu yang tepat untuk menulis, Setiap penulis mempunyai waktu terbaiknya untuk menulis. Tentu waktu terbaik itu berbeda antara seorang penulis dengan penulis lainnya. Anda dapat mempelajari kapan Anda merasa lebih lancar menuangkan ide ke dalam tulisan, entah itu pagi hari atau sebelum tidur.

8 Tips Cara Efektif Mengatasi Writer's Block Bagi Blogger Pemula

Cara kedua bisa dengan cari referensi ide artikel yang ingin Anda buat. Tidak semua Blog profesional membuat artikel dengan idenya sendiri, Banyak diantara mereka membuat artikel dengan konten yang sama, terutama yang banyak dicari orang dengan mencari referensi-referensi yang dapat menguatkan artikel yang akan mereka buat.

Anda boleh membuat artikel dengan melihat konten yang dimuat di Blog orang lain. Tapi usahakan gunakan gaya bahasa anda sendiri, tidak asal copy-paste semua isi dari artikel orang lain. Karena hal tersebut tidak diperbolehkan.

3. Asah Kemampuan Menulis Anda Dengan Membaca

Mengasah kemampuan adalah hal yang sangat penting bagi seorang penulis. Menulis bukan sekedar merangkai kata. Menulis adalah seni yang harus didukung dengan teknik yang baik untuk menhasilkan tulisan yang menarik.

Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan banyak membaca buku. Dengan membaca buku atau novel Anda bisa mempelajari gaya bahasa penulis profesional, juga dengan membaca buku Anda bisa menemukan kata-kata yang menarik yang mungkin bisa Anda masukkan kedalam artikel yang akan Anda buat.

Hal kedua dengan sering blogwalking ke blog orang lain. Cara ini cukup efektif untuk meningkatkan kemampuan menulis Anda, selain itu Anda bisa mencuri informasi dan ide-ide yang menarik yang Anda bisa publish di blog Anda sendiri.

4. Latih Kepekaan Anda Dalam Mencari Ide Artikel

Menemukan ide artikel itu gampang-gampang susah, pada kenyataannya tidak menemukan ide artikel adalah alasan utama kenapa Anda bisa mengalami writer block. Anda bisa melatih kepekaan Anda dalam mencari ide artikel dengan berbagai hal.

Hal pertama yang Anda bisa coba adalah dengan mencari sebuah gagasan atau ide dari mencari info disosial media. Tidak salahnya Anda mencoba mengali informasi dari sosial media. bisa saja ide artikel itu muncul ketika melihat status seseorang di beranda.

8 Tips Cara Efektif Mengatasi Writer's Block Bagi Blogger Pemula

Cara yang lain Anda juga bisa mengambil inspirasi dari komentar diblog Anda. Terkadang ada sebuah pertanyaan dari pengunjung tentang ketidak mengertian tentang artikel yang Anda muat. Atau terkadang ada juga yang sengaja merequest artikel lain yang berkaitan dengana rtikel yang sudah dibahas.

Anda juga bisa melatih kepekaan menulis Anda dengan menulis cerita menarik tentang kehidupan sehari-hari Anda. Menulis pengalaman diri adalah yang paling mudah kita ingat, Pastinya Anda mempunyai pengalaman yang menarik atau yang unik untuk bisa di tuangkan ke sebuah tulisan. Dari sebuah petualangan atau perjalanan liburan dengan teman atau keluarga.

5. Sering Ikut Lomba Menulis Di Blog

Sesekali, sebagai blogger Anda bisa menantang diri Anda untuk mengikuti kompetisi atau lomba menulis yang diadakan oleh blog lain. Biasanya, dengan ikut lomba atau kompetisi, kita berupaya untuk mengikuti standar dan ketentuan yang diberikan panitia.

Nah, buat saya ini sangat berguna untuk mengasah otak agar tetap tajam sebagai penulis. Selain itu juga, dengan mengikuti lomba seperti ini, secara otomatis Anda sudah mempunyai 1 judul artikel yang siap dipublish.

6. Sering-seringlah Bepergian Dan Tulislah Perjalanan Anda

8 Tips Cara Efektif Mengatasi Writer's Block Bagi Blogger Pemula

Banyak dari sekian blogger merupakan blogger traveler, yakni blogger yang mengisi blognya dengan segudang perjalanan yang pernah mereka lalui. Ada juga yang membuat Vlog perjalanannya itu agar terlihat menarik.

Anda juga bisa mencoba menulis perjalanan Anda, tidak perlu harus bepergian jauh-jauh. Cobalah menulis tentang tempat yang sering anda kunjungi untuk refreshing maupun untuk sekedar menyenangkan keluarga.

7. Tulislah Semua Hal Yang Anda Sukai

Salah satu cara favorit untuk bisa mengatasi writer’s block adalah menulis hal-hal yang Anda sukai. Misal jika Anda menyukai membaca buku atau novel, Anda harus coba menuliskan review terhadap buku yang sudah Anda baca.

Atau film yang baru saja Anda tonton. Tentunya, dalam menuliskan review ini Anda coba menggunakan sudut pandang dan gaya bahasa Anda sendiri. Anda juga bisa menambahkan quote menarik dari buku atau novel maupun dari perkataan aktor dalam film yang sudah Anda tonton.

Menulis sebuah hobby juga termasuk dalam hal ini, jika Anda seorang programer ataupun seorang Seniman, Anda bisa menuliskan perihal teknologi komputer atau menuliskan puisi puisi Anda dalam sebuah blog.

8. Cobalah Menulis Artikel Orang Lain Dengan Sudut Pandang Yang Berbeda

8 Tips Cara Efektif Mengatasi Writer's Block Bagi Blogger Pemula

Tak semua artikel yang viral merupakan ide perseorangan, ada juga yang mengambil ide artikel dengan menulis ulang dengan tata bahasa Anda sendiri, Dan itu diperbolehkan. Tidak gampang membuat ide artikel terkecuali Anda pernah mengalami kejadiannya sendiri sebelumnya, seperti pengalaman, perjalanan dan tip dan trik yang Anda lakukan saat melakukan sesuatu.

Cobalah menulis ulang atau menulis dengan kebalikan dari artikel orang lain. Seperti tentang dampak buruk merokok, Anda bisa coba menulis dengan tema manfaat tersembunyi dari merokok. Dan tentunya Anda harus banyak-banyak mencari referensi untuk menguatkan pendapat Anda.


Memang tidaklah mudah untuk mengatasi writer block, terlebih lagi kalau Anda masih baru dalam dunia blogger maupun dalam tulis menulis. Setidaknya sedikit banyak dari tip diatas MazzTutor terapkan untuk tetap konsisten dalam update atikel. Selamat mencoba. [MT]

Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 

Blog Tutorial Masa Kini Copyright © 2013 Minima Template
Designed by BTDesigner · Powered by Blogger