Loading...

Tuesday 17 October 2017

Tutorial Cara Membuat Menu Dropdown Pada Wordpress

Membuat Menu Dopdown – Bagi Anda yang baru belajar membuat blog dengan platform wordpress, mungkin akan kesulitan dalam setting tata letak untuk blog Anda. Meskipun platform wordpress sangatlah user friendly, tapi bukan berarti tidak membingungkan juga cara pemakaiannya. Terlebih lagi tentang setting tata letak page, menu bar, sidebar, footer dan lain-lain.

Sebelumnya, MazzTutor akan menjelaskan terlebih dahulu tentang bagian-bagian yang ada pada blog. Coba lihat gambar berikut ini:


Tutorial Cara Membuat Menu Dropdown Pada Wordpress

Keterangan :
Header : Bagian teratas, biasanya berupa judul situs dan tagline situs. Bisa juga di tambahkan gambar header untuk memperjelas logo dan judul dari sebuah situs.
Menu bar : Sebuah menu navigasi yang biasanya berisikan tentang halaman about me, privacy policy, kontak dan kategori-kategori
Sidebar : Terkadang blog hanya mengunakan tema dengan 1 sidebar, entah itu kanan maupun kiri, tapi ada juga yang mengunakan kedua-duanya.
Footer : Bagian yang berada di bawah halaman
Baca juga Panduan Cara Membuat Sitemap Otomatis Tanpa Plugin Di Wordpress
Setelah memahami bagian-bagian blog, kali ini MazzTutor akan membuat tutorial cara membuat menu dropdown pada Wordpress.

Langkah-langkah Membuat Menu Dropdown Pada Wordpress

1. langkah pertama login Dashboard, pilih Appearence - Menus. Hal yang diperlukan dalam blog harus terdapat post, page ataupun kategori, yang mana digunakan untuk menautkan pilihan menu ke sebuah post atau page maupun kategori.

Tutorial Cara Membuat Menu Dropdown Pada Wordpress

2. Pada jendela Menus, pilih tab Edit menus. Beberapa theme biasanya sudah menyediakan menu standart yang otomatis menjadi menu bar primary di blog Anda. Tapi jika belum ada, Anda bisa memilih “Create a new Menu”. Kemudian pada kolom Menu Name, isikan nama terserah kemudian simpan.

3. Untuk menambahkan pilihan menu, Anda bisa memilih dari opsi pilihan page, post maupun kategori. Centang pilihan menu yang Anda inginkan kemudian pilih “Add menu”.

4. Maka tampilan selanjutnya seperti gambar berikut ini:

Tutorial Cara Membuat Menu Dropdown Pada Wordpress
Untuk membuat menu bar menjadi drop down, maksudnya saat kursor diarahkan kesebuah menu utama, maka akan ada menu pilihan tambahan yang membuka dibawah menu tersebut. Untuk membuatnya cukup mudah, caranya dengan mengeser ke kanan dibawah menu utama.

Seperti gambar diatas, Menu utama adalah Home, About, Contact dan Berita. Sedangkan Cinta dan Teknologi menjadi Sub menu dari menu utama Berita. Menu Gadget akan menjadi sub menu dari Menu Teknologi.

Centang juga “Automatically add new top-level pages to this menu” agar penerapan sub menu drop down bisa berjalan. Pilih Save menu untuk menyimpan. Dan hasilnya akan seperti gambar berikut ini:

Tutorial Cara Membuat Menu Dropdown Pada Wordpress

Cukup mudah bukan! 

Semoga penjelasan tentang Tutorial cara membuat menu dropdown di wordpress bisa bermanfaat bagi para pembaca. Jangan lupa share artikel ini agar juga bisa bermanfaat bagi yang membutuhkan. [MT]

Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 

Blog Tutorial Masa Kini Copyright © 2013 Minima Template
Designed by BTDesigner · Powered by Blogger